Cari di Blog Ini

Monday, August 8, 2022

laporan Alarm Anti Pencuri / Maling


LAPORAN ALARM ANTI PENCURI / MALING

A.      Tujuan:
Menunjukkan cara kerja alarm antipencuri.

B.       Landasan teori
Dalam dunia modern ini, sistem alarm telah menjadi bagian takterpisahkan dari kehidupan kita. Langsung dari ponsel Anda ke berbagai sistem keamanan, mereka dapat dilihat di mana-mana. Bahkan tanduk mobil motor anda jenis alarm yang digunakan untuk memperingatkan orang-orang dan kendaraan di depan kehadirannya. Tujuan utama alarm untuk memperingatkan seseorang dari bahaya masuk. Mereka mungkin dalam bentuk indikator visual, misalnya lampu berkedip, tapi alarm dalam bentuk nada terdengar atau sirene yang lebih luas diterima karena mampu bangun bahkan tidak menyadari dan menyadari.
Saklar atau switch adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus arus listrik. Dalam rangkaian elektronika dan rangkaian listrik saklar berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang mengalir dari sumber tegangan menuju beban (output) atau dari sebuah sistem ke sistem lainnya.
Saklar SPDT
Terminal sentral (COM) akan terhubung ke salah satu terminal dan akan terputus ke terminal lainnnya dalam satu kondisi.
Saklar Push-Off
Kedua terminal akan terputus selama ditekan
C.      Alat dan Bahan
1.      Triplek
2.      Lem
3.      Paku
4.      Palu
5.      Gergaji

D.      Langkah kerja
1.      Menyiapakan alat dan bahan
2.      Membuat wadah berbentuk kubuh sebagai tempat alarm.
3.      Memasang alarm dalam wadah sedemikian rupa. Saklar dimunculkan diluar wadah agar dapat tersentuh oleh benda yang ditaruh di tas wadah tersebut sehiungga ketika benda tersebut diambil skalar akan aktif dan alarm berbunyi.

E.       Hasil pengamatan

F.       Pembahasan
Kotak alarm antipencuri ini digunakan agar dapat mndeteksi adanya pencuri suatu benda yang dianggap berharga, yaitu dengan cara menaruh benda yang berharga tersebut di atas kotak alarm tersebut. Benda tersebut ditaruh pas diatas saklar sehingga saklar akan tertekan. Dalam pembuatan alarm ini menggunakan saklar yang prinsipnya jika ditekan tidak berbunyi namun ketika dilepas tekananya akan mengakibatkan alarm berbunyi.
Benda di atas wadah alarm tersebut jika diangkat atau diambil secara otomatis akan melepas tekanan yang diberkan pada saklar. Jadi jika ada seseorang yang mengambil benda tersebut akan dapat diketahui bahwa benda tersebut dicuri.
Untuk mematikan alarm digunakanlah saklar yang terdapat pada luar komponen rangkaian di PCB (saklar yang terpasang pada adaptor). Hal ini dikarenakan SCR jika sudah ON akan terus mempertahankan keadaannya. Sehingga jika SCR sudah ON maka akan ON terus, kecuali pada satu hal, yaitu tegangan anoda menuju katoda dibuat menjadi nol kembali. Maka dari itu peran dari saklar untuk mematikan alarm sangat penting agar alarm tidak berbunyi terus menerus.




G.      Kesimpulan
Alarm sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat membantu melindungi barang-barang berharga seperti kegunaan alarm antipencuri ini.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

popa