Search This Blog

Loading...

Monday, January 2, 2012

PERCOBAAN SACH


LAPORAN PERCOBAAN SACH

I.          Tujuan
Membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat
II.          Landasan Teori
Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri.  Oleh karena itu, tumbuhan hijau merupakan sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya termasuk manusia.
Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari (Kimball, 2002).  Secara sederhana, keseluruhan proses kimia dalam fotosintesis adalah sebagai berikut:
6CO2 + 12H2O + Energi Cahaya    C6H12O6 +6O2 +6H2O
Dalam fotosintesis, dengan bantuan sinar matahari, karbon dioksida dan air diubah  menjadi gula/amilum dan berlangsung di stroma. Di dalam organel tersebut, sekelompok pigmen pengabsorpsi energi cahaya matahari menggunakan energi tersebut dalam sintesis glukosa dari karbon dioksida dan air. Sebagai hasil samping dari fotosintesis, dilepaskan oksigen.
Pada tahun 1860, Sach membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan amilum. Dalam percobaannya tersebut ia menggunakan daun segar yang sebagian dibungkus dengan kertas timah kemudian daun tersebut direbus, dimasukkan ke dalam alkohol dan ditetesi dengan iodium. Ia menyimpulkan bahwa warna biru kehitaman pada daun yang tidak ditutupi kertas timah menandakan adanya amilum
III.          Alat dan Bahan


1.      Beaker gelas
2.      Tabung reaksi
3.      Cawan petri
4.      Lampu spiritus/ kompor
5.      Kaki tiga
6.      Penjepit
7.      Daun ketela pohon
8.      Larutan KI / Lugol
9.      Alkohol 95 %
10.  Air
11.  Kertas karbon/aluminium foil


IV.          Cara Kerja
1.      Pada sore hari tutuplah sebagian daun ketela pohon atau daun tumbuhan lain dengan menggunakan alumunium foil atau timah.
2.      Petiklah daun setelah daun tersebut cukup terkena sinar matahari (3 hari)
3.      Bukalah kertas timah yang menutup daun kemudian guntuinglah daun tersebut.
4.      Rebus daun sampain layu.
5.      Masukkan daun yang sudah dipanaskan tersebut ke dalam beker kecil yang berisi alcohol 96 % kemudian panaskan. Amati apa yang terjadi!
6.      Perhatian: Anda tidak boleh memanaskan beker glass yang berisi alcohol dan daun tersebut secara langsung. Untuk memanaskan beker glass tersebut masukkan ke dalam beker glass yang lebih besar yang sudah berisi air.
7.      Ambilah daun tersebut kemudian tetesi dengan larutan Kl atau lugol. Amatilah apa yang terjadi.
V.          Hasil Pengamatan
No
Pengamatan
Warna Daun
Tidak Ditutup
Ditutupi
1
Sebelum ditebus
Hijau tua
Hijau muda
2
Dimasukkan ke air panas
Hijau kecoklatan
Hijau muda
3
Direbus dengan alkohol
Hijau tua kecoklatan
Hijau muda
4
Ditetesi lugol
Biru kehitaman
Putih

VI.          Pembahasan
Pada percobaan digunakan larutan lugol yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya amilum pada daun tersebut. Jika terdapat amilum maka pada bagian daun yang ditetesi lugol akan berubah warna menjadi biru kehitaman. Pada saat daun ditetesi dengan iodin bagian yang sebelumnya tertutup oleh kertas foil tetap pucat, sedangkan yang tidak tertutup warnanya menjadi biru kehitaman. Sehingga dapat dikatakan bahwa pada bagian daun yang tidak ditutupi kertas foil terdapat amilum, sedangkan pada bagian daun yang ditutupi kertas timah tidak terdapat amilum. Amilum merupakan salah satu hasil dari proses fotosintesis, yang berarti pada bagian daun yang terkena cahaya matahari terjadi proses fotosintesis, sedangkan pada daun yang tidak terkena cahaya matahari tidak terjadi proses fotosintesis.
VII.          Kesimpulan
Dari kegiatan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan:
Pada proses fotosintesis dihasilkan amilum dan proses Fotosintesis membutuhkan dua komponen utama yaitu cahaya dan klorofil

Artikel Terkait

1 comment: