Search This Blog

Loading...

Monday, January 2, 2012

PERISKOP

LAPORAN PERISKOP

I.            Tujuan
Menunjukkan fungsi periskop
Menunjukkan cara kerja periskop
II.            Landasan Teori
Periskop sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45° pada setiap sisinya.
Periskop merupakan alat optik untuk mengamati dari posisi tersembunyi, membantu melihat-lihat melewati dinding, sudut, atau hambatan lain yang menghalangi pandangan.
Periskop digunakan oleh Angkatan Laut agar para pelaut yang berada di dalam kapal selam dapat melihat apa yang ada di permukaan air, bahkan jika kapal itu sendiri di bawah ombak. Periskop juga biasa ditemukan pada kendaraan tempur lapis baja.
             
III.            Alat Dan Bahan
1.      Periskop
2.      Pengamat (orang)
3.      Objek yang diamati
IV.            Langkah Kerja
1.      Menyiapkan periskop,
2.      Mengarahkan periskop, yaitu dengan mengarahkan salah satu cermin pada objek yang akan diamati,
3.      Melihat objek melalui cermin yang lain.
V.            Hasil Kegiatan
            Objek yang terletak pada posisi tersembunyi dapat terlihat dengan jelas saat dilihat dengan periskop.
VI.            Pembahasan
            Sebuah periskop yang paling sederhana memiliki dua cermin, yang satu terletak di ujung atas (berfungsi sebagai mata pengintipnya), yang lainnya terletak di dasar periskop.
             Prinsip kerja periskop adalah pembentukan bayangan dengan pemantulan berulang pada dua permukaan cermin yang disusun sejajar saling berhadapan. Cahaya yang dipantulkan obyek masuk pada cermin yang pertama kemudian dipantulkan tegak lurus menuju cermin yang kedua. Cermin kedua memantulkan kembali bayangan tersebut tegak lurus menuju mata pengamat. Pantulan inilah yang membuat kita bisa melihat melewati tembok yang tinggi, atau sudut-sudut yang sulit dijangkau oleh mata.
VII.            Kesimpulan
Periskop digunakan untuk mengamati dari posisi tersembunyi, membantu melihat-lihat melewati dinding, sudut, atau hambatan lain yang menghalangi pandangan.
Prinsip kerja periskop adalah pembentukan bayangan dengan pemantulan berulang pada dua permukaan cermin yang disusun sejajar saling berhadapan

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment