Cari di Blog Ini

Sunday, January 15, 2012

Inovasi

Inovasi timbul disebabkan karena adanya persoalan yang harus diselesaikan dengan pemikiran yang baru. Persoalan tersebut harus dipikirkan secara mendalam dan memecahkan masalah dilakukan percobaan tidak boleh karena coba-coba. Gagasan atau pendekatan baru sebagai hasil pemikiran haruslah mampu memecahkan persoalan yang ada. Gagasan atau pendekatan baru inilah yang dinamakan inovasi .
Inovasi harus berlangsung di sekolah guna memperoleh hasil yang terbaik dalam mendidik siswa. Ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah adalah guru. Oleh karena itu guru harus mampu menjadi seorang yang inovatif guna menemukan strategi atau metode yang efektif untuk mendidik Inovasi yang dilakukan guru pada intinya berada dalam tatanan pembelajaran yang dilakukan di kelas. Kunci utama yang harus dipegang guru adalah bahwa setiap proses atau produk inovatif yang dilakukan dan dihasilkannya harus mengacu kepada kepentingan siswa
Para ahli pendidik merupakan faktor untuk keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Para ahli pendidik dipandang memiliki keahlian tertentu di bidang pendidikan. Tetapi ada faktor lain yang tidak kalah penting yaitu siswa dan orang tua. Siswa menjadi objek pusat demi tercapainya perubahan tingkah laku dan orang tua untuk menunjang proses inovasi dengan dukungan moral untuk membantu proses belajar siswa. Pada dasarnya tujuan atau sasaran inovasi adalah individu yang melakukan inovasi.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan mendorong munculnya inovasi-inovasi di bidang model pembelajaran. Dengan menggunakan teknologi informasi menawarkan berbagai model pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses inovasi pendidikan..
Guru melakukan inovasi untuk kepentingan siswa melalui proses transformasi dengan strategi, metode, media, dll demi tumbuh dan berkembangnya siswa dalam proses belajar

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

popa