Cari di Blog Ini

Sunday, January 15, 2012

Belajar Dan Pembelajaran

Belajar merupakan proses perubahan individu yang berlangsung sepanjang hayat. Belajar juga suatu proses perubahan tingkah laku yang berkesinambungan antara berbagai unsur dan berlangsung seumur hidup yang didorong oleh berbagai aspek seperti motivasi, emosional, sikap dan yang lainnya dan pada akhirnya menghasilkan sebuah tingkah laku yang diharapkan. Unsur utama dalam belajar adalah individu sebagai peserta belajar, kebutuhan sebagai sumber pendorong, situasi belajar, yang memberikan kemungkinan terjadinya kegiatan belajar

Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh guru. Tetapi belajar juga dapat dilakukan dirumah dengan cara memberikan dengan atau tanpa pr, belajar juga dapat dilakukan di lngkungan sekitar.

Pembelajaran (instruction) merupakan akumulasi dari konsep mengajar (teaching) dan konsep belajar (learning). Konsep tersebut dapat dipandang sebagi suatu sistem atau proses sehingga belajar ini terdapat komponen-komponen siswa atau peserta didik, tujuan, materi untuk mencapai tujuan, fasilitas dan prosedur serta alat atau media yang harus dipersiapkan.

Siswa belajar dari guru dan hal-hal yang tidak disadari oleh guru dan murid itu sendiri. Mereka juga belajar dari buku, teman dan dari lingkungan sekolah mereka. Perubahan dari mereka yang pelajari bisa diukur dari dengan amat teliti seperti kadar pengetahuan dan keterampilan, namun seperti sikap, emosi, perilaku sosial dan perilaku lainnya tidak bisa diukur dengan kentara.

Belajar dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Proses belajar dan pembelajaran bisa terjadi dimana saja, dan kapan saja tidak dibatasi oleh jarak, ruang, dan waktu.

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

popa