Cari di Blog Ini

Sunday, January 15, 2012

Bagaimana Anak Belajar?

Panca indera dapat digunakan untuk belajar, mata (melihat),telinga (mendengar), mulut (pengecap), hidung (pembau), kulit (peraba). Anak hanya mempunyai satu cara belajar, yakni melalui panca inderanya. panca indera merupakan pintu masuk ke dalam kesadaran. Fakta ini menunjukkan pentingnya penggunaan bermacam-macam bahan bantuan untuk mengajar.

Belajar bukanlah pengalaman yang pasif. Hal belajar bukanlah sesuatu yang sekedar terjadi pada anak itu, melainkan adalah sesuatu yang dilakukan oleh anak. Dengan pengalaman anak dapat mengingat lebih banyak dari sesuatu yang telah dipelajarinya.

Anak akan belajar baik jika anak itu mempunyai dorongan untuk belajar. Anak akan cepat belajar jika mereka merasa senang dan puas. Pemberian hadiah merupakan salah satu cara untuk mendorong anak untuk belajar. Selain itu, anak dapat belajar jika mempunyai keinginan dan kubutuhan untuk belajar.

Anak mempunyai keingintahuan yang besar dan tertarik terhadap hal-hal baru yang ada disekitarnya. Dengan meniru anak juga dapat belajar. Anak akan belajar paling baik jika mereka sudah siap untuk belajar.

cukup sekian hanya singkat cerita bagaimana anak belajar?

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

popa